19 September 2007

Candi Muara Takus



Tahukah anda bahwa di Provinsi Riau terdapat sebuah komplek candi yang dinamakan candi muara takus. Ini merupakan situs sejarah yang sangat berharga karena berumur sudah tua juga karena kemiripannya dengan candi yang ada di Yogyakarta jawa tengah. Berikut sedikit sejarah candi muara takus yang dipetik dari situs melayu online.
Kompleks candi ini terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, kabupaten Kampar, Riau, Indonesia, kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru, Riau. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer, tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan. Candi ini ditemukan oleh Yzerman pada tahun 1893, ketika ia berkelana di hutan-hutan Sumatera. Ia tertegun ketika melihat sebuah gundukan tembok yang berlapis-lapis. Pada tahun 1935, seorang arkeolog berkebangsaan Belanda, Dr. F.M. Schnitger datang dan meneliti candi ini. Saat itu, ia sempat heran melihat kedatangan segerombolan gajah ke candi tersebut pada malam bulan purnama, seperti hendak berziarah. Ada yang menghubungkan kejadian ini dengan aspek mistik. Selanjutnya dapat link kesini

5 komentar:

Hendrawan Kariman mengatakan...

Wah... promosi pariwisata Riau ya,, salut!.
salam kenal saya juga promosi wisata ni... tapi pekanbaru aja.

Anonim mengatakan...

I am trying to find further information about candi in Indonesia. Can you help me where can I find such informations? Tahnks for help!

blogan(blog juragan) mengatakan...

jaga tuh peninggalan sejarah

GOLDEN INFO mengatakan...

Untuk lebih jelasnya sejarah candi muara takus kunjungi Blog GOLDEN INFO ( www.gustiandri.blogspot.com )

jessicakayla mengatakan...

Yogyakarta is a well-known tourist spot in Indonesia. This has become the most likely place because of the versatile Temples found around it.